Thursday, October 01, 2015
On October 01, 2015 by Ruserba No comments
BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang mengubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Jika dibandingkan dalam konsep konvensional, maka pembelajaran terpadu tampak lebih menekankan keterlibatan siswa dalam belajar, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran untuk pembuatan keputusan. Setiap siswa memerlukan bekal pengetahuan dan kecakapan agar dapat hidup di masyarakat dan bakal ini diharapkan diperoleh melalui pengalaman belajar di sekolah. Oleh karena itu pengalaman belajar di sekolah sedapat mungkin memberikan bekal siswa dalam mencapai kecakapan untuk berkarya. Kecakapan ini disebut kecakapan hidup yang cakupannya lebih luas hanya sebanding dengan keterampilan.
Ditinjau dari cara memadukan konsep, keterampilan, topik, dan unit tematisnya, menurut Robin Fogarty (1991) terdapat sepuluh cara atau model dalam merencanakan pembelajaran terpadu. Kesepuluh cara atau model tersebut adalah: (1) fragmented, (2) connected, (3) nested, (4) sequenced, (5) shared, (6) webbed, (7) threaded, (8) integrated, (9) immersed, dan (10) networked.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengembangan pembelajaran terpadu di Indonesia. Dalam kurikulum standar yang sebelumnya berlaku di Indonesia, mata pelajaran akan diajarkan secara terpisah, dengan tidak ada usaha untuk menghubungkan atau mengintegrasikannya. Setiap mata pelajaran dipandang sebagai satu kesatuan yang murni, baik dalam kelompok disiplin ilmunya maupun pada disiplin ilmunya sendiri. Pembelajaran yang dilaksanakan secara terpisah yaitu hanya terfokus pada satu disiplin mata pelajaran
Arah kebijakan penyelenggaraan pembelajaran di Sekolah Dasar menuntut peran guru kelas (seperti halnya dalam program sertifikasi) bukan guru mata pelajaran. Namun pada kenyataannya banyak guru yang belum memahami tugas pokok guru kelas dan belum tahu pembelajaran terpadu. Kondisi kelas dan pembelajaran masih konvensional serta belum adanya perubahan paradigma belajar/pembelajaran yang terjadi dalam kelas. Pengembangan pembelajaran terpadu diperlukan dalam proses pembelajaran siswa Sekolah Dasar karena akan membentuk pengalaman secara totalitas dalam pribadi anak. Untuk itulah disusun makalah pengembangan pembelajaran terpadu di Indonesia guna menambah informasi bagi pembaca.
Rumusan Masalah
Apakah tujuan pengembangan pembelajaran terpadu?
Apa saja jenis pengembangan pembelajaran terpadu di Indonesia?
Bagaimana pengintegrasan tema dalam pengembangan pembelajaran terpadu?
Tujuan
Dapat mengetahui tentang tujuan pembelajaran terpadu
Untuk mengetahui jenis pengembangan terpadu di Indonesia
Untuk mengetahui pengintegrasian tema dalam pengembangan pembelajaran terpadu
BAB II
PEMBAHASAN
Tujuan Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran tepadu selalu menggunakan tema yang relevan dan berkaitan yang sekaligus sebagai isu sentral dalam konteks pembahasannya. Melalui tema tersebut kemudian dikembangkan indicator indikator dari sk/kd masing masing bidang ilmu yang terkait. Materi yang dipadukan sebaiknya masih dalam lingkup bidang kajian ilmu-ilmu yang sebidang. Tujuan pengembangan model pembelajaran terpadu untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah ini pada dasarnya sebagai keraangka acuan bagi guru dan pihak terkait, Secara rinci tujuan
DOWNLOAD DISINI
PENDAHULUAN
Latar Belakang
Pembelajaran terpadu merupakan suatu pendekatan dalam pembelajaran yang secara sengaja mengaitkan beberapa aspek baik dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Dengan adanya pemaduan itu siswa akan memperoleh pengetahuan dan keterampilan secara utuh sehingga pembelajaran menjadi bermakna bagi siswa. Bermakna disini memberikan arti bahwa pada pembelajaran terpadu siswa akan dapat memahami konsep-konsep yang mereka pelajari melalui pengalaman langsung dan nyata yang mengubungkan antar konsep dalam intra mata pelajaran maupun antar mata pelajaran. Jika dibandingkan dalam konsep konvensional, maka pembelajaran terpadu tampak lebih menekankan keterlibatan siswa dalam belajar, sehingga siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran untuk pembuatan keputusan. Setiap siswa memerlukan bekal pengetahuan dan kecakapan agar dapat hidup di masyarakat dan bakal ini diharapkan diperoleh melalui pengalaman belajar di sekolah. Oleh karena itu pengalaman belajar di sekolah sedapat mungkin memberikan bekal siswa dalam mencapai kecakapan untuk berkarya. Kecakapan ini disebut kecakapan hidup yang cakupannya lebih luas hanya sebanding dengan keterampilan.
Ditinjau dari cara memadukan konsep, keterampilan, topik, dan unit tematisnya, menurut Robin Fogarty (1991) terdapat sepuluh cara atau model dalam merencanakan pembelajaran terpadu. Kesepuluh cara atau model tersebut adalah: (1) fragmented, (2) connected, (3) nested, (4) sequenced, (5) shared, (6) webbed, (7) threaded, (8) integrated, (9) immersed, dan (10) networked.
Dalam makalah ini akan dibahas mengenai pengembangan pembelajaran terpadu di Indonesia. Dalam kurikulum standar yang sebelumnya berlaku di Indonesia, mata pelajaran akan diajarkan secara terpisah, dengan tidak ada usaha untuk menghubungkan atau mengintegrasikannya. Setiap mata pelajaran dipandang sebagai satu kesatuan yang murni, baik dalam kelompok disiplin ilmunya maupun pada disiplin ilmunya sendiri. Pembelajaran yang dilaksanakan secara terpisah yaitu hanya terfokus pada satu disiplin mata pelajaran
Arah kebijakan penyelenggaraan pembelajaran di Sekolah Dasar menuntut peran guru kelas (seperti halnya dalam program sertifikasi) bukan guru mata pelajaran. Namun pada kenyataannya banyak guru yang belum memahami tugas pokok guru kelas dan belum tahu pembelajaran terpadu. Kondisi kelas dan pembelajaran masih konvensional serta belum adanya perubahan paradigma belajar/pembelajaran yang terjadi dalam kelas. Pengembangan pembelajaran terpadu diperlukan dalam proses pembelajaran siswa Sekolah Dasar karena akan membentuk pengalaman secara totalitas dalam pribadi anak. Untuk itulah disusun makalah pengembangan pembelajaran terpadu di Indonesia guna menambah informasi bagi pembaca.
Rumusan Masalah
Apakah tujuan pengembangan pembelajaran terpadu?
Apa saja jenis pengembangan pembelajaran terpadu di Indonesia?
Bagaimana pengintegrasan tema dalam pengembangan pembelajaran terpadu?
Tujuan
Dapat mengetahui tentang tujuan pembelajaran terpadu
Untuk mengetahui jenis pengembangan terpadu di Indonesia
Untuk mengetahui pengintegrasian tema dalam pengembangan pembelajaran terpadu
BAB II
PEMBAHASAN
Tujuan Pengembangan Model Pembelajaran Terpadu
Pembelajaran tepadu selalu menggunakan tema yang relevan dan berkaitan yang sekaligus sebagai isu sentral dalam konteks pembahasannya. Melalui tema tersebut kemudian dikembangkan indicator indikator dari sk/kd masing masing bidang ilmu yang terkait. Materi yang dipadukan sebaiknya masih dalam lingkup bidang kajian ilmu-ilmu yang sebidang. Tujuan pengembangan model pembelajaran terpadu untuk jenjang pendidikan dasar dan menengah ini pada dasarnya sebagai keraangka acuan bagi guru dan pihak terkait, Secara rinci tujuan
DOWNLOAD DISINI
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
Search
Popular Posts
-
LAPORAN PERENCANAAN ANGGARAN BIAYA STUDIO FOTO RAW PHOTOGRAPHY NAMA ANGGOTA KELOMPOK Achmad Bahar Rifqi ( 20...
-
PROPOSAL HOME RECORDING (RAW CreARTive STUDIO) Jl. Ganes ha -kud...
-
Cara Membuat Website Menjadi Aplikasi Android APK Cara Membuat Website Menjadi Aplikasi Android APK Dewasa ini Sudah banyak blog d...
-
WOOOWW INI ADA UNIVERSITAS MURIA KUDUS DISINI Berikut ini adalah contoh lengkap laporan kerja nyata (KKN ) sepertinya butuh contoh le...
-
Berikut adalah beberapa tips yang dapat membantu Anda melakukan wawancara dengan calon karyawan agar Anda dapat memilih calon karyawan yan...
-
Sebagai seorang pemimpin, ada beberapa kiat yang dapat membantu Anda menjadi pemimpin yang baik dan efektif. Berikut adalah beberapa di an...
-
RENCANA BISNIS T-SHIT OPTIMUST ART WEAR Di Susun Oleh : 1. M Khoirul Chafid S (201253159) ...
-
Berikut adalah langkah-langkah untuk menginstalasi server Active Directory pada Windows Server: Pastikan Anda memiliki akses administrator...
Blogger templates
Blog Archive
ruserba.blogspot.com email: cv.kitcatchafid@gmail.com. Powered by Blogger.
0 comments:
Post a Comment