Tuesday, September 29, 2015

On September 29, 2015 by Ruserba   No comments
http://adf.ly/1PE7Dh

LAPORAN AKHIR Download
PROGRAM MAHASISWA WIRAUSAHA
JUDUL PROGRAM
PEMANFAATAN AUDIO SOFTWARE UNTUK PEMBUATAN HOME RECORDING (KILLUMINATI TECH STUDIO)
BIDANG KEGIATAN
PMW
Diusulkan Oleh:
                        Ketua Pelaksana
Muhammad Budi Setiawan (NIM 201253134/Angkatan 2012)
Anggota Pelaksana
M.Khoirul Chafid S              (NIM 201253159/Angkatan 2012)
                        Faiz Mudliul Adhan              (NIM 201253169/Angkatan 2012)
                        Adi Wahyu Romariardi       (NIM 201253156/Angkatan 2012)

Dibiayai Oleh :
Kopertis Wilayah VI
Sesuai dengan Surat Perjanjian Pelaksanaan Hibah Program Mahasiswa Wirausaha
Nomor : 1449/K6/KM/2014,Tanggal 15 Oktober 2014

UNIVERSITAS MURIA KUDUS
KUDUS
i
2014
LEMBAR PENGESAHAN PROPOSAL

1
Judul Kegiatan
:
Pemanfaatan Audio Software untuk Pembuatan Home Recording (Killuminati Tech Studio).
2
Bidang Kajian
:
PMW
3
Ketua Pelaksana Kegiatan



a.   Nama Lengkap
:
Muhammad Budi Setiawan

b.   NIM
:
201253134

c.   Jurusan
:
Sistem Informasi

d.   Universitas/Institut/Politeknik
:
Universitas Muria Kudus

e.   Alamat Rumah/Telepon/Faximili
:
Ds.Mejobo Rt05/02 Kudus

f.    No. HP dan e-mail
:
5
Anggota Pelaksana Kegiatan/Penulis
:
4 orang
6
Dosen Pendamping



a.       Nama Lengkap dan Gelar
:
Diana Laily
Fithri,S.Kom,M.Kom.

b.      NIDN
:
0627018502

c.       No.HPdan e-mail       
:
5
Biaya Kegiatan Total
:
Rp. 5.827.000
6.
Jangka Waktu Pelaksanaan
:
4 Bulan
                                                                                               
Kudus, 09 Desember 2014

Menyetujui:
Wakil Dekan III                                                          Ketua Pelaksana Kegiatan     
Fakultas Teknik                                                          


(Bachtiar Setya Nugraha,ST.MT)                               (Muhammad Budi Setiawan)
NIP.0610 7010 0000 1185                                         NIM.201253134


Wakil Rektor  III                                                        Dosen Pendamping
Universitas Muria Kudus



(Drs. RM Hendy Hendro HS,M.Si)                           (Diana Laili Fitri M.Kom.)
ii
NIP.0610 7060 1040 101                                           NIDN. 0627018502   
PEMANFAATAN AUDIO SOFTWARE UNTUK PEMBUATAN HOME RECORDING (KILLUMINATI TECH STUDIO)
 RINGKASAN Download
Lahirnya banyak grup band, boyband, girl band baru di Indonesia pada akhir-akhir tahun ini dari berbagai daerah dan kalangan, tak hanya orang dewasa, remaja bahkan anak-anak pun ikut bersaing meramaikan & menunjukkan hasil karya kreatifnya. Namun fenomena ini tidak diimbangi oleh para pelaku bisnis rekaman. Tarif rekaman yang dipatok mahal dari perusahaan rekaman akhirnya banyak dari mereka mengurungkan niatnya untuk berkreasi dalam sebuah lagu. Tidak dipungkiri sarana alat untuk recording yang amat mahal menyebabkan tingginya tarif tersebut. Secara tidak langsung kesenjangan masalah ini seakan-akan membatasi kesempatan masyarakat Indonesia untuk berkreasi. Oleh karena itu, kami mempunyai ide untuk membuka usaha yang sekaligus berkontribusi dalam penyaluran potensi masyarakat Indonesia yang kreatif dengan berbagai bakat yang dimiliki. Usaha yang kami usulkan yaitu tentang jasa pembuatan instrument musik dan recording yang berbasis IT. Usaha ini kami beri nama “Killuminati Tech Studio”.
“Killuminati Tech Studio” adalah jasa pembuatan instrument musik dan recording berbasis IT dengan cara memaksimalkan perkembangan teknologi di masa kini dan meminimalisasi alat-alat recording yang sudah ada tanpa mengurangi kualitas suara/sound yang akan dihasilkan  yang jauh lebih ekonomis dan terjangkau bagi masyarakat. Melirik pasar yang cukup potensial dibidang industri musik, kami rasa ini adalah ide kreatif dan inovatif yang akan membuka potensi kesempatan masyarakat dalam berkarya sehingga potensi masyarakat bisa lebih dikenal di negaranya sendiri bahkan di dunia agar masyarakat Indonesia semakin positif dan produktif.
Tujuan Program Kreatifitas Mahasiswa bidang Kewirausahaan ini adalah: diharapkan masyarakat Indonesia lebih kreatif dalam berkarya, agar Indonesia semakin positif dan masyarakatnya lebih produktif, meningkatkan daya kreatifitas dan jiwa kewirausahaan mahasiswa, meningkatkan pendapatan per kapita.

Kata Kunci : Software, Studio Recording, System Recording




iii
 
DAFTAR ISI

  HALAMAN JUDUL ....................................................................................      i
  HALAMAN PENGESAHAN......................................................................      ii
  RINGKASAN ..............................................................................................      iii
  DAFTAR ISI ................................................................................................      iv   
   BAB I : PENDAHULUAN .........................................................................      5
                 1.1 LATAR BELAKANG ............................................................      5
                 1.2 PERUMUSAN MASALAH .....................................................     6
                 1.3 TUJUAN ......................................................................................  6
  BAB II : GAMBARAN UMUM ..................................................................     8
2.1  IDE JASA.................................................................................     8
2.2  PELUANG PASAR ................................................................     8
2.3  STRATEGI PEMASARAN YANG
 AKAN DITERAPKAN...........................................................    9
2.4  ANALISIS PRODUK/OPERASI.............................................   9
2.5  ANALISIS KEUANGAN.......................................................    10
  BAB III : METODE PELAKSANAAN.......................................................    13
  BAB IV : HASIL YANG DICAPAI................... .......................................     14
  BAB V : RENCANA TAHAP BERIKUTNYA .........................................    17
  DAFTAR PUSTAKA ............................... ....................................................  18
LAMPIRAN - LAMPIRAN
LAMPIRAN 1. PENGGUNAAN DANA ......................................................  19
LAMPIRAN 2. LOG BOOK (CATATAN HARIAN)....................................  20
LAMPIRAN 3. DOKUMENTASI KEGIATAN.............................................  21
LAMPIRAN 4.BUKTI – BUKTI PEMBELIAN.............................................  22



iv

 

BAB I
PENDAHULUAN

1.1       Latar Belakang
Munculnya fenomena band-band, boyband, girlband baru seakan akan munculnya jamur-jamur di musim penghujan. Tak peduli dari kalangan mana mereka berada, tak hanya orang dewasa, remaja bahkan anak-anak pun ikut bersaing meramaikan & menunjukkan hasil karya kreatifnya untuk public khususnya penikmat seni musik. Wajar saja karena musik memiliki banyak manfaat, yaitu: membantu meningkatkan konsentrasi, dapat menenangkan pikiran, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi suara-suara eksternal yang bisa mengalihkan perhatian. Sehingga masyarakat hampir tidak bisa lepas dari musik dikehidupan sehari-hari. Adapun alasan munculnya grup band, boyband, girlband baru yaitu karena karier band-band, boyband, girlband pendahulu mereka yang telah sukses ini menginspirasi masyarakat luat untuk mengikuti jejaknya.
Fenomena ini pun ditanggapi serius oleh pelaku bisnis rekaman khususnya di kota-kota besar Indonesia untuk  menjadikannya menjadi potensi bisnis yang menggiurkan. Akan tetapi kondisi ini tidak serta merta dirasakan enak bagi group band, boyband, girlband baru karena tarif rekaman yang dirasa mahal dan akhirnya banyak dari mereka mengurungkan niatnya untuk berkreasi dalam sebuah lagu. Tidak dipungkiri sarana alat untuk recording yang amat mahal menyebabkan tingginya tarif tersebut. Secara tidak langsung kesenjangan masalah ini seakan-akan membatasi kesempatan masyarakat Indonesia untuk berkreasi.
Berdasarkan keterangan diatas kami mempunyai ide untuk membuka usaha yang sekaligus berkontribusi dalam penyaluran potensi masyarakat Indonesia yang kreatif dengan berbagai bakat yang dimiliki atau sekedar untuk menyalurkan hobi mereka dalam bidang musik. Usaha yang kami usulkan yaitu tentang jasa pembuatan instrument musik dan recording yang berbasis IT dengan cara memaksimalkan perkembangan teknologi di masa kini dan meminimalisasi alat-alat recording yang sudah ada tanpa mengurangi kualitas suara/sound yang akan dihasilkan. Pengertian dari instrument musik atau yang lebih dikenal dengan seni instrument merupakan seni suara yang diperdengarkan melalui media alat-alat musik. Melirik pasar yang cukup potensial dibidang industri musik harapannya menghasilkan karya seni yang hebat yang akan membuka potensi kesempatan masyarakat dalam berkarya sehingga potensi masyarakat bisa lebih dikenal di negaranya sendiri bahkan di dunia agar masyarakat Indonesia semakin positif. Demikian juga sebagai lahan usaha yang menggiurkan untuk mendapatkan profit yang memuaskan dari jasa ini sekaligus belajar untuk menjadi enterpreuner. Demikianlah yang melandasi terbentuknya ide kami untuk menjalankan usaha jasa “Killuminati Tech Studio”.

1.2       Perumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah diatas maka permasalahan yang akan dibahas dalam program ini adalah:
1.      Bagaimana cara memanfaatkan teknologi yang sudah ada dalam pembuatan instrument musik dan recording yang lebih ekonomis dan terjangkau?
2.      Bagaimana cara memaksimalkan teknologi dan alat-alat recording yang sederhana tanpa mengurangi kualitas suara yang dihasilkan?
3.      Bagaimana mengenalkan karya musik kreatif masyarakat Indonesia di lingkup Nasional maupun Internasional dengan harga terjangkau?
4.      Bagaimana menggali berbagai potensi, bakat, kreatif yang dimiliki masyarakat Indonesia dengan harga terjangkau?

1.3       Tujuan
Tujuan dari Program Technopreneur ini adalah:
1.      Menghasilkan hasil karya seni musik yang berkualitas dan terjangkau bagi masyarakat
2.      Menginspirasi masyarakat untuk lebih produktif dalam menciptakan karya seni musik yang kreatif
3.      Agar Indonesia semakin positif dan masyarakat lebih produktif 
4. Meningkatkan daya kreatifitas dan jiwa kewirausahaan mahasiswa
Untuk lebih lengkapnya Klik disini
Terima Kasih :)

 

0 comments:

Post a Comment